Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mille

1. Ketentuan Umum

Syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan penggunaan ini (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur hubungan antara PT Lakes Konstelasi Data (“Lakes” atau “Kami”) dan pelanggan (“Pelanggan” atau “Anda”) sehubungan dengan pelayanan, fitur, konten, pembaharuan, perangkat lunak, dan produk lainnya yang mungkin Lakes sediakan dari waktu ke waktu (selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Pelayanan”) untuk penggunaan aplikasi Mille, aplikasi Mille Lite, aplikasi Mille Web, dan aplikasi Mille Merchant (selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai “Mille” atau “Aplikasi”). Syarat dan Ketentuan ini mengatur akses dan penggunaan Pelayanan dan Aplikasi dan merupakan perjanjian hukum yang mengikat antara Anda dan Lakes (“Perjanjian”). Lakes dan Pelanggan secara kolektif (bersama-sama) selanjutnya disebut sebagai Para Pihak.

2. Hak Kekayaan Intelektual

(i) Lakes adalah satu-satunya pemilik eksklusif atas segala hak, kepemilikan, dan kepentingan atas segala data yang diberikan kepada Lakes oleh pelanggan Anda atau setiap pengguna yang berhubungan dengan Aplikasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada semua surel dan/atau informasi kontak (“Data Pelanggan”). Dalam hal ini, Anda tidak boleh diberikan atau memiliki akses Data Pelanggan kecuali pelanggan yang bersangkutan secara terpisah telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk ikut serta menyediakan informasi kontak kepada Anda.

(ii) Lakes memiliki semua hak, kepemilikan, dan kepentingan atas Aplikasi termasuk tetapi tidak terbatas pada segala hak kekayaan intelektual dan segala pengembangan, perubahan, penambahan, atau penyempurnaannya. Anda setuju untuk tidak mengubah, mendekompilasi, membongkar, merekonstruksi, menerjemahkan, melakukan reverse engineer, atau menggali segala hak kekayaan intelektual, ide, algoritma, catatan format, pemrograman, atau antarmuka interoperabilitas Aplikasi.

(iii) Lakes berhak untuk menolak, membuang, menghapus, dan/atau membatalkan segala informasi atau konten yang ditampilkan di tablet, situs web, bagian mana pun dari Aplikasi, dan/atau dalam materi cetak, termasuk tetapi tidak terbatas pada pembatasan atas segala informasi dan/atau konten apapun, yang menurut Lakes mengandung konten atau tautan yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan Lakes. Selain itu, Lakes berhak atas kebijakannya sendiri untuk merancang ulang dan/atau mengubah semua atau sebagian dari Aplikasi setiap saat tanpa pemberitahuan pihak lain.

3. Pembatasan

Anda: (i) akan menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan bisnis internal Anda dan (ii) tidak akan (a) menjual, menyewakan, memberi lisensi, mengalihkan, mendistribusikan, atau mentransfer Aplikasi, (b) mengubah, meniru, menguraikan, mendekompilasi, membongkar, merekonstruksi, menerjemahkan, melakukan reverse engineer, atau menggali hak kekayaan intelektual, ide, algoritma, catatan format, pemrograman, atau antarmuka interoperabilitas Aplikasi, (c) menyalin versi apapun dari Aplikasi, atau (d) menghapus bahasa atau sebutan apapun yang mengacu pada kerahasiaan Aplikasi dan hak milik Lakes. Selain itu, Anda tidak akan mengekspor atau mengizinkan pihak ketiga untuk mengekspor Aplikasi di mana ekspor tersebut dilarang oleh hukum yang berlaku tanpa lisensi yang sesuai. Lakes berwenang penuh untuk mengawasi atau mengevaluasi segala komunikasi, menyetujui, mengubah atau menolak komunikasi atau pesan yang ditujukan kepada pelanggan yang berhubungan dengan Lakes.

4. Biaya, Pembayaran, dan Perpajakan

(i) Biaya penggunaan dan layanan Aplikasi saat ini diatur di dalam Perjanjian dan situs web https://lakes.co.id dan https://millehub.com beserta konten di dalamnya (“Situs”). Lakes berhak mengubah biaya yang harus dibayarkan untuk penggunaan Mille setiap saat dengan pemberitahuan minimum tiga puluh (30) hari kalender sebelumnya kepada Anda selama perubahaan biaya tersebut tidak akan berlaku sampai awal periode langganan berikutnya.

(ii) Ketika Anda memberikan informasi pembayaran Anda kepada Lakes, Anda memberikan Lakes wewenang untuk memproses pembayaran Anda sebagaimana diuraikan di Perjanjian ini. Dalam keadaan tertentu, proses pembayaran mungkin tidak terjadi secara langsung, dan pembayaran Anda dapat menunjukan status “pending” dalam jangka waktu ini. Selain itu, Lakes dapat meminta sebuah otorisasi atas jumlah dari transaksi yang Anda antisipasi sebelumnya dan dapat memperkirakan nilai akhir dari transaksi yang mungkin melebihi jumlah dari transaksi sesungguhnya. Lakes akan mengembalikan segala biaya yang melebihi jumlah dari transaksi sesungguhnya.

(iii) Kecuali ditentukan lain dalam Perjanjian, biaya maupun pungutan lainnya, baik yang ada saat ini maupun yang ada dikemudian hari, yang wajib dibayarkan ke Pemerintah, wajib ditanggung oleh Para Pihak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Pengakhiran Perjanjian ini sebelum habisnya jangka waktu berlangganan tidak menghapuskan kewajiban perpajakan Para Pihak.

(iv) Terlepas dari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, Lakes atas kebijakannya sendiri dapat menangguhkan atau memberhentikan Perjanjian dan akses serta hak yang sesuai untuk menggunakan semua atau sebagian dari Aplikasi kapanpun, baik secara pemberitahuan elektronik atau lainnya kepada Anda. Jika Anda tidak membayar biaya yang jatuh tempo pada atau sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, atau pelanggaran atas Perjanjian ini, Lakes berhak secara sepihak memblokir dan/atau memutuskan Pelayanan dan Anda bertanggung jawab atas jumlah yang belum terbayar saat pemberhentian terjadi. Anda memahami dan menyetujui bahwa biaya berlangganan perangkat lunak dan biaya perangkat keras tidak dapat dikembalikan.

5. Ketentuan dan Pemberhentian

Pelayanan dari Lakes berlaku dari awal tanggal kedatangan atau perkiraan tanggal kedatangan dari Pelayanan sebagaimana dinyatakan di dalam Perjanjian. Anda harus memberi pemberitahuan secara tertulis kepada Lakes minimal 60 (enam puluh) hari kalender untuk melanjutkan berlangganan Aplikasi sebelum periode berlangganan berakhir. Apabila Lakes tidak menerima pemberitahuan ini, Anda memahami dan menyetujui bahwa Lakes dapat secara sepihak memblokir dan/atau memutuskan Pelayanan di akhir masa berlangganan. Lakes tidak berkewajiban dan tidak bertanggung jawab atas pemberitahuan tentang pembaruan berlangganan. Para Pihak setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mensyaratkan diperlukannya putusan badan peradilan apapun untuk mengakhiri Perjanjian ini.

6. Informasi Rahasia

Setiap informasi yang pihak penerima ketahui atau memiliki alasan untuk mengetahui (baik karena informasi tersebut diidentifikasi oleh pihak yang mengungkapkan secara lisan atau tertulis sebagai rahasia atau hak milik, memiliki nilai komersial, atau karena tidak diketahui secara umum dalam perdagangan terkait) adalah “Informasi Rahasia” dari pihak yang mengungkapkan dan akan tetap menjadi satu-satunya milik pihak yang mengungkapkan. Informasi Rahasia tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada data, informasi (termasuk informasi identifikasi pribadi), ide, materi, spesifikasi, prosedur, jadwal, perangkat lunak, proses dan formula teknis, source code, desain produk, penjualan, biaya dan informasi finansial yang tidak dipublikasikan lainnya, produk dan rencana bisnis, pendapatan pemasaran, biaya penggunaan, hubungan pemasaran, proyeksi, data pemasaran, dan informasi serupa lainnya yang disediakan oleh suatu pihak. Untuk menghindari keraguan, Data Pengguna akan menjadi Informasi Rahasia Lakes. Masing-masing pihak menyetujui untuk tidak membuka, menggunakan, mengubah, menyalin, mereproduksi, atau membocorkan Informasi Rahasia kepada pihak ketiga mana pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pihak yang diungkapkan kecuali pihak penerima berhak untuk mengungkapkan Informasi Rahasia tersebut sejauh yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku atau bagi direktur, pejabat, atau karyawan pihak penerima yang memiliki kebutuhan untuk mengetahui Informasi Rahasia tersebut untuk melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian dan di mana direktur, pejabat, atau karyawan tersebut tunduk pada kewajiban kerahasiaan yang secara substansial mirip dengan kewajiban yang ditetapkan dalam Perjanjian. Larangan yang tercantum di bagian ini tidak akan berlaku untuk informasi yang (i) sudah diketahui secara sah oleh pihak penerima sebelum diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan, (ii) dikembangkan secara independen oleh pihak penerima tanpa akses atau penggunaan Informasi Rahasia pihak yang mengungkapkan, (iii) diungkapkan dalam materi yang diterbitkan, (iv) secara umum diketahui publik, atau (v) secara sah diperoleh dari pihak ketiga lainnya. Selain itu, suatu pihak dianggap tidak melanggar kewajibannya berdasarkan Perjanjian selama Informasi Rahasia perlu diungkapkan oleh suatu otoritas pemerintah, dengan ketentuan dapat dilakukan secara hukum bahwa pihak penerima memberi tahu pihak yang mengungkapkan sebelum melakukan pengungkapan tersebut agar pihak yang mengungkapkan dapat menolak pengungkapan tersebut, mengambil tindakan untuk memastikan perlakuan rahasia atas Informasi Rahasia, atau mengambil tindakan lain yang dianggap tepat untuk melindungi Informasi Rahasia.

7. Penyelesaian Perselisihan dan Peraturan Pemerintah

Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang disebabkan atau yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian ini (“Sengketa”), maka Para Pihak setuju untuk menyelesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak ada pemberitahuan tertulis mengenai Sengketa. Sengketa yang tidak dapat diselesaikan secara damai atau musyawarah oleh Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak ada pemberitahuan tertulis mengenai Sengketa akan diselesaikan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Jakarta berdasarkan aturan BANI.

8. Ganti Rugi

Anda akan membela, mengganti kerugian, dan melindungi Lakes dan afiliasinya serta direktur, pejabat, karyawan, agen, dan perwakilannya dari gugatan pihak ketiga atas segala kerusakan, tanggung jawab, biaya dan pengeluaran (termasuk biaya pengacara) yang timbul akibat pelanggaran Anda terhadap Perjanjian ini, kelalaian atau kesalahan Anda, perselisihan yang mungkin Anda miliki dengan pihak lain mana pun sehubungan dengan Aplikasi atau terkait dengan cara apapun dengan Aplikasi, penggunaan tidak sah atau penyalahgunaan Aplikasi atau kombinasi dari Aplikasi dengan perangkat keras, perangkat lunak, produk, data, atau materi lain yang tidak ditentukan atau disediakan oleh Lakes.

9. Batasan Tanggung Jawab

Tanggung jawab Lakes atas segala klaim (termasuk klaim untuk ganti rugi atas kerusakan pihak ketiga) yang timbul dari Perjanjian tidak akan melebihi jumlah biaya yang Anda bayarkan kepada Lakes berdasarkan Perjanjian selama 1 (satu) bulan sebelum tanggal terjadinya klaim yang berlaku. Selama diizinkan oleh hukum yang berlaku, Lakes tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan bisnis, gangguan bisnis, kehilangan data, atau kerusakan yang bersifat khusus, tidak langsung, insidental atau konsekuensial yang timbul dari atau terkait dengan Perjanjian atau penggunaan Aplikasi. Selain itu, Lakes tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan fisik atau lainnya yang Anda alami atas aset atau properti apapun dari pemasangan atau penghapusan produk Lakes atau add-on apapun di dalam toko dan tidak akan bertanggung jawab atas penggantian atau biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan. Batasan ini akan berlaku bahkan jika kerusakan tersebut dapat diperkirakan sebelumnya dan Anda telah diberi tahu atau mengetahui kemungkinan kerusakan tersebut.

10. Pemberitahuan

Kecuali secara eksplisit ditentukan lain di sini, pemberitahuan apapun yang diperlukan atau diizinkan di bawah ini akan dikirimkan kepada orang yang dapat dihubungi yang tercantum pada Informasi Pemesanan sebagai berikut: (i) melalui pengiriman pribadi ketika dikirimkan secara pribadi, (ii) oleh kurir yang telah ditetapkan dan setelah verifikasi penerimaan tertulis, (iii) melalui transmisi faksimile ketika penerimaan dikonfirmasi secara lisan, (iv) melalui surat resmi, tanda terima pengembalian yang diminta setelah verifikasi tanda terima, atau (v) melalui pengiriman elektronik saat tanda terima dikonfirmasi secara lisan.

11. Pengalihan

Tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Lakes, Anda tidak boleh mengalihkan Perjanjian ini, secara keseluruhan atau sebagian, baik secara sukarela atau karena hukum. Segala upaya untuk melakukannya akan menjadi standar materi Perjanjian dan akan dibatalkan, dengan ketentuan dalam penjualan secara substansial semua aset atau ekuitas Anda kepada pihak ketiga atau penggabungan kesatuan Anda dengan pihak ketiga. Perjanjian ini akan dianggap secara otomatis dialihkan dan diambil alih oleh pihak pengakuisisi dalam transaksi tersebut dan oleh karena itu, akan mengikat pihak pengakuisisi tersebut. Perjanjian ini akan mengikat atas kepentingan masing-masing pihak, penerus selanjutnya yang bersangkutan, perwakilan hukum, ahli waris, dan penerima hak.

12. Tidak Ada Penerima Pihak Ketiga

Perjanjian ini hanya untuk kepentingan pihak yang bersangkutan dan penerusnya serta penerima yang diizinkan, dan tidak memberikan hak atau upaya hukum apapun kepada orang atau kesatuan lainnya.

13. Amandemen

Perjanjian ini dapat diubah oleh Lakes setelah memposting versi Perjanjian baru di Situs dan/atau di dalam Aplikasi yang berlaku. Perubahan ini akan menjadi sah setelah 48 jam setelah memposting versi Perjanjian baru seperti yang dijelaskan di atas. Kegagalan salah satu pihak untuk menjalankan atau menegakkan haknya berdasarkan Perjanjian ini tidak berlaku sebagai pengabaian atas pelanggaran berikutnya dan pengabaian pelanggaran apapun tidak berfungsi sebagai pengabaian pelanggaran berikutnya.

14. Keterpisahan

Jika ada ketentuan di Perjanjian ini yang dianggap tidak dapat diberlakukan oleh pengadilan atau yurisdiksi yang kompeten, ketentuan itu akan diberlakukan sejauh yang diizinkan menurut hukum yang berlaku dan ketentuan lain dari Perjanjian akan tetap berlaku dan memiliki kekuatan hukum penuh.

15. Keadaan Kahar

Lakes tidak bertanggung jawab kepada pihak manapun jika terjadi kesalahan atau keterlambatan dalam melakukan kewajiban-kewajiban yang tertera pada Perjanjian ini jika kesalahan dan keterlambatan tersebut dikarenakan oleh hal-hal diluar kemampuan Lakes termasuk tetapi tidak terbatas pada kebakaran, banjir, ledakan, terorisme, perang, embargo, peraturan pemerintah, otoritas sipil atau militer, atau peretas.

16. Kepatuhan Terhadap Hukum

Masing-masing pihak akan mematuhi semua hukum, peraturan, dan tata cara yang berlaku terkait dengan penggunaan Pelayanan.

17. Keseluruhan Perjanjian

Perjanjian ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Lakes dan Anda sehubungan dengan materi pokok di sini dan semua perjanjian lisan atau tertulis sebelumnya. Dengan menggunakan Pelayanan dan/atau Aplikasi, Anda memahami dan menyetujui kebijakan privasi yang dapat diakses di situs web https://lakes.co.id/mille/id/legal/privacy yang dapat diubah dari waktu ke waktu oleh Lakes.